Monday, February 26, 2018

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Anak, 82 Guru TPA se-Agam Diberi Pelatihan

Lubukbasung, KABA12.com --- 82 orang guru TPA/MDA utusan dari Masjid Jami' yang berada di masing-masing nagri di kabupaten Agam, ikuti pelatihan peningkatan kapasitas selama tiga hari kedepan, mulai 26 hingga 28 Februari 2018 di Hotel Sakura Lubukbasung.


Kabag Kesra sekretariat daerah pemkab Agam Syatri mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memotivasi guru dalam membentuk anak-anak didik dalam baca dan menulis Alquran. Serta sebagai bekal untuk terbentuknya islamic center disetiap nagari.


"Sesuai dengan rencana sebelumnya, Masjid Jami' nagari akan dijadikan sebagai islamic center di nagari tersebut. Oleh itu perlu diberikan pelatihan untuk peningkatan kapasitas dan motivasi guru dalam membentuk anak-anak dalam membaca dan menulis Alquran," ujarnya.


Dikatakan Syatria, selama pelatihan tiga hari tersebut nantinya, akan ada 8 orang narasumber yang akan dihadirkan, baik dari tingkat kabupaten maupun provinsi. Adapun materi yang akan diberikan itu seperti, dinamika kelompok, teaching by heart, strategi menghafal Alquran, manajemen pengelolaan islamic center dan lain-lainnya.


Sementara itu, Sekab Agam Martias Wanto yang turut hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut berharap agar pelatihan itu dapat memotivasi para guru pengajar TPA/MDA untuk lebih meningkatkan mutu dan kualitas anak didik.


"Pemkab Agam konsisten dalam kegiatan beragama, terutama dalam tulis baca Alquran. 5 tahun terakhir kita sudah lakukan pelatihan seperti ini, berharap dengan ini sasarnnya dapat meningkatkan mutu dan kualitas anak dalam baca tulis Alquran. Serta sesuai dengan lenerapan nagari madani setiap nagari kita arahkan untuk memiliki islamic center dengan adanya peningkatan terhadap guru TPA ini programnya akan semakin kuat dan beriringan, sehingga hasil dari pendidikan TPA juga meningkat dan pengembangannya lebih cepat di masyarakat ," jelas Sekab Agam.


(Jaswit)

No comments:

Post a Comment