Friday, February 23, 2018

Baznas Salurkan Rp 276 Juta Zakat Program Agam Cerdas

Lubukbasung, KABA12.com --- BAZNAS kabupaten Agam kembali salurkan zakat bagi pelajar yang kurang mampu dan berprestasi lewat program Agam Cerdas sebanyak Rp 276.000.000 di Masjid Agung Nurul Falah Lubukbasung, Jumat (23/02). Zakat tersebut didistribusikan kepada 276 orang pelajar asal kabupaten Agam yang dinilai pihak BAZNAS memenuhi kriteria asnaf delapan.


Ketua Baznas Agam, Eldi Zain mengatakan, dari 276 orang mustahiq tersebut, 209 diantaranya telah disalurkan sebelumnya di wilyah Agam Timur untuk 11 kecamatan. 67 lebihya disalurkan hari ini di Agam Barat bagi pelajar di 5 kecamatan, Palembayan, Ampek Nagari, Tanjung Raya, Lubukbasung dan Tanjung Mutiara.


"Zakat berupa beasiswa kita salurkan masing-masingnya Rp 1.000.000 per orang," ujarnya.


Eldi Zain menambahkan, pada pendistribusian zakat pendidikan tersebut juga disalurkan zakat sebanyak Rp 6.000.000 kepada mahasiswa binaan BAZNAS Agam yang mengikuti pendidikan di STAI-PIQ Padang. Keempat orang mahasiswa itu yaitunya Irfal Khairul Fadri, IP 3.83 asal Batu Taba Baso, hafiz 5 juz, kemudian Nurul Fadhilah asal Ladang Laweh Banuhampu jurusan ilmu Quran Tafsir, IP 3.94 hafizhah 5 juz, lalu Martina Wardila asal Lasi Mudo Canduang, jurusan tahfiz dan ilmu Quran hafizhah 30 juz, IP 3.86 dan Devi Rahmi asal Kapalo Koto Sungaipua, hafizah 30 juz IP 3.76.


"InsyaAllah ke 4 orangnya akan diwisuda hari Sabtu besok 24 Februari 2018," ulasnya.


Salah seorang mahasiswa binaan BAZNAS Agam, Nurul Fadhilah memberikan apresiasi yang tinggi pada Badan Amil Zakat tersebut yang telah memberikan dia zakat untuk biaya pendidikannya selama di STAI-PIQ hingga akan diwisuda tahun ini.


"Untuk pendanaan kuliah dan proses yang lainnya dibantu dari BAZNAS Agam dan itu semua sangat membantu kami dalam kuliah, hingga besok kami akan wisuda juga dibantu. Harapan kepada rekan penerima zakat pendidikan lainnya, agar tetap berusaha dan tetap bsemangat belajar menjalankan perintah Allah. Insyaalah, Allah akan mudahkan usaha kita," sebutnya.


Apresiasipun juga diberikan Bupati Agam Indra Catri pada BAZNAS kabupaten Agam. Dia berharap agar zakat untuk penddikan tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk biaya pendidikan. Sehingga tujuan dari penyaluran zakat dari Muzakki itu benar-benar tepat sasaran.


"Zakat merupakan salah satu penopang untuk mengatasi masalah sosial ekonomi di kabupaten Agam. Lewat program BAZNAS Agam diharapkan penyaluran zakat benar tepat sasaran kepada mereka yang betul berhak untuk mendapatkan zakat. Semoga zakat beasiswa ini dapat bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa Agam yang sedang menempuh pendidikan, tingkatkan prestasi dan ilmu pengetahuan," harap Bupati Agam.


(Jaswit)

No comments:

Post a Comment