Monday, February 26, 2018

Cek Rutin Serine Tsunami 5 EWS Rusak, 4 Aktif

Tiku, kaba12.com --- Tim BPBD Agam lakukan pengecekan rutin serine tsunami di wilayah Tanjung Mutiara Senin, (26/2).

Dari pengecekan rutin tiap tanggal 26 setiap bulannya, 5 serine ews masih dinyatakan rusak dan hanya 4 serine EWS yang berfungsi baik. Kerusakan itu sendiri diinformasikan sudah berlangsung lama dan belum dilakukan perbaikan.

Pengecekan rutin EWS di wilayah Agam itu, dipimpin langsung kepala BPBD Agam M. Lutfie AR bersama personil yang juga mendata jenis kerusakan dan melaporkan pada BPBD Sumbar.

Data yang diperoleh sesuai rilis pusdal ops. BPBD Agam, disebutkan serine EWS dan serine BMKG tsunami di wilayah kecamatan Tanjung Mutiara setiap tanggal 26 tiap bulan, sebanyak 8 unit serine EWS dan 1 unit serine BMKG.

Dari 9 serine EWS yang ada, 4 unit masih beroperasi masing-masing serine BMKG, serine EWS Mesjid Al Hidayah Masang, serine EWS Mesjid Muaro Putuih dan serine EWS Puskesmas Gasan Kaciak.

Dan 5 unit yang tidak hidup masing-masing serine EWS di Mesjid Suhada Subang-Subang, serine EWS di Mesjid Taqwa Labuhan, serine EWS di Mesjid Nurul Iman Ujuang Labuang (secara otomatis tidak hidup, tapi manual hidup), serine EWS Pasia Paneh ( speaker bermasalah) dan serine EWS Banda Gadang (di sambar petir).

" Secara berkala, kerusakan sudah dilaporkan, namun proses perbaikan masih belum bisa dilakukan karena perangkatnya dan harus dipesan khusus," sebut Lukman, staf Pusdal.Ops BPBD Agam.

Ketersediaan sarana kesiapansiagaan dalam upaya pengurangan risiko bencana sangat diperlukan di wilayah Tanjung Mutiara, karena wilayah itu langsung bersentuhan dengan laut sementara intensitas gempa di wilayah Sumbar beberapa waktu belakangan sangat tinggi.

(Harmen)

No comments:

Post a Comment