Friday, February 23, 2018

HPSN 2018. Momentum Wujudkan Tanah Datar Bebas Sampah

Tanah Datar, KABA12.com --- Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar laksanakan apel bersama dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Jumat (23/02).


Pada momen itu ditandatangani komitmen bersama seluruh forkopimda dan unsur terkait lainnya "Kerja Bersama Menuju Tanah Datar Bebas Sampah Tahun 2020.


Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma menyebutkan, sesuai deklarasi yang telah dimulai oleh pemerintah dengan gerakan "Sayangi Bumi, Bersihkan Dari Sampah" selama 3 bulan kedepan, mulai 21 Januari hingga 21 April mendatang, seluruh wilayah harus bersih dari sampah. Sebagai tindak lanjut dari komitmen tersebut, setiap nagari di Tanah Datar harus memilik 1 Bank Sampah sendiri.


"Peringatan HPSN ini jangan hanya selogan atau seremonial saja, namun harus adanya aksi sehingga kepedulian terhadap sampah dan menjaga lingkungan tetap bersih itu nyata dan hidup sehat itu dapat kita wujudkan. Jadikan ini momentum bagi kita untuk mewujudkan Tanah Datar Bebas Sampah," ujarnya.


Dikatakannya, untuk mewujudkan hal itu juga diperlukan penerapan empat pilar kebersihan, sehat, indah, damai dan inspiratif, "jika keempat itu tidak dipedomani lingkungan bersih mustahil akan terwujud," sebutnya.


Ditempat terpisah, Kadis Perkim LH, Dessy Trikorina menjelaskan, usai apel bersama dilakukan aksi bersih-bersih pada fasilitas umum, seperti jalan, pasar, terminal, dan lapangan cindua mato. Tidak hanya itu, aksi bersih sampah juga dilakukan pada kawasan objek wisata Lembah Anai, Tanjung Mutiara dan Istano Basa Pagaruyung, serta dikawasan sungai, gunung dan tempat ibadah.


(Jaswit)

No comments:

Post a Comment