Monday, February 26, 2018

Kominfo Agam Usulkan 7 Nagari Dibangun BTS

Lubuk Basung, KABA12.com --- Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Kominfo Agam mengusulkan tujuh nagari dari tiga kecamatan di Kabupaten Agam yang sulit mendapatkan jaringan komunikasi dan akses internet untuk pembangunan menara seluler (BTS) ke Pemerintah Pusat melalui program Universal Service Obligation (USO).

Tujuh Nagari yang tengah diusulkan yakni Nagari Pasia Laweh, Nagari Pagadih dan Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuah.

Kemudian, Nagari Tigo Koto Silungkang dan Nagari Salareh Aia Kecamatan Palembayan. Serta Nagari Sitalang dan Nagari Sitanang Kecamatan Ampek Nagari.

"Saat ini kita tengah mengusulkan tujuh nagari dari tiga kecamatan untuk pembangunan menara BTS, hal ini bertujuan agar sinyal komunikasi dan akses internet di daerah tersebut lebih lancar dan tidak sulit lagi mengaksesnya,"ujar Kepala Dinas Kominfo Fauzan Helmi Hutasuhut, Senin ( 26/2).

Ia menambahkan, pengusulan nagari ini berdasarkan, di nagari- nagari tersebut merupakan daerah yang sulit dan tak terjangkau akses internet atau yang biasa disebut dengan Blank Spot. Jika ada sinyal pun itu masih hilang- hilang timbul.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik , Nivo Rianto mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan menyebarkan informasi ke nagari- nagari yang sulit untuk mendapatkan akses internet maunpun sinyal untuk komunikasi agar mengusulkannya kepada ominfo Agam agar bisa diteruskan ke Pemerintah Pusat.

Bagi nagari yang mengusulkan bantuan pembuatan menara seluler tersebut, nagari harus memenuhi beberapa syarat diantaranya harus menyediakan lahan untuk pembangunan, adanya aliran listrik dan kemudian memberikan profil nagari dan lainnya.

"Kita dari Pemkab Agam yakni Kominfo akan terus mengupayakan agar nagari di Agam yang kita usulkan ini bisa mendapatkan bantuan pembuatan BTS sehingga akses jaringan internet bisa sampai dan lancar diwilayah tersebut," ujarnya.

(Ardi)

No comments:

Post a Comment