Monday, February 26, 2018

EWS Yang Rusak Segera Diperbaiki

Lubukbasung,kaba12.com --- Lima early warning system (EWS) tsunami yang rusak di wilayah kecamatan Tanjung Mutiara, kabupaten Agam akan segera diperbaiki. Identifikasi kerusakan sudah dilakukan sejak Januari lalu, dan dijadualkan dalam pekan ini, BPBD Agam akan melakukan perbaikan.


Hal itu disebutkan kepala BPBD Agam M.Lutfie, AR menjawab kaba12.com, terkait rencana perbaikan 5 EWS yang hingga Senin,(26/2) masih berstatus rusak, dan masih belum diperbaiki, padahal perangkat penting untuk peringatan dini bahaya tsunami di wilayah perairan laut Tanjung Mutiara itu, sudah teridentifikasi sejak tahun lalu.


Dijelaskan M.Lutfie, AR, pihaknya sejak Januari lalu, sudah mengindentifikasi kerusakan yang dialami perangkat tersebut, bahkan alokasi anggaran perbaikannya sudah dicadangkan, dan diharapkan dalam waktu dekat, 5 perangkat yang rusak tersebut bisa diperbaiki.


Kepala BPBD Agam itu menegaskan, bahwa perangkat EWS sangat diperlukan untuk peringatan dini, bahaya tsunami di wilayah itu, dan hal itu bahkan menjadi kebutuhan utama yang harus tetap siaga dalam segala kondisi.


M.Lutfie, menyebutkan, pihaknya dalam pekan ini akan menindaklanjuti rencana perbaikan 5 EWS sesuai dengan skala kerusakan yang dialami, karena anggarannya sudah dicadangkan dan sudah cair, “ dalam pekan ini akan diperbaiki, “tegasnya usai ceking aktivitas EWS di wilayah Tanjung Mutiara, Senin,(26/2) pagi.


Di wilayah Tanjung Mutiara yang menjadi sentral pemasangan perangkat EWS, dimana saat ini tercatat 9 perangkat EWS yang tersebar di berbagai nagari, masing-masing, 4 perangkat yang masih aktif dengan kondisi baik masing-masing serine BMKG, serini EWS masjid Al Hidayah, jorong Masang, serine EWS di masjid Raya Muaro Putuih di nagari Tiku V Jorong dan serine EWS di Puskesmas Gasang Ketek, nagari Tiku Selatan.


Sementara 5 perangkat EWS yang rusak masing-masing di masjid Suhada, Subang-Subang, di masjid Nurul Iman, Ujuang Labuang di nagari Tiku V Jorong, serine EWS di Pasia Paneh dan serine EWS di Banda Gadang di nagari Tiku Selatang,” kita akan segera perbaiki, dalam pekan ini, “ulas M.Lutfie, kepala BPBD Agam lagi.


(Harmen)

No comments:

Post a Comment