Tuesday, March 31, 2020

Disdukcapil Agam Siaga Covid19, Terapkan Pola Layanan PAK DEWA 


Lubukbasung, kaba12.com --- Upaya antisipasi percepatan penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Agam terus berinovasi dalam konteks layanan untuk memutus mata rantai penyebaran pandemic covid19.

Inovasi terbaru dalam layanan yang dilakukan Disdukcapil Agam saat ini, adalah PAK DEWA (pelayanan administrasi kependudukan dengan WA) yang sasarannya untuk lebih mengurai kerumunan  dan tidak  tatap muka masyarakat dengan petugas pelayanan di dua kantor pelayanan yang ada.

Kepala Disdukcapil Agam Drs.Misran,Mpd, menjawab kaba12.com, sesuai instruksi bupati Agam, seluruh OPD Pemkab Agam, harus mencarikan solusi terbaik dalam upaya memutus mata rantai penyebaan virus corona saat ini, terutama dengan menghindari masyarakat untuk berurusan langsung, menjaga jarak agar tidak bersentuhan serta langkah antisipasi lain yang harus dilakukan untuk menyelamatkan seluruh masyarakat yang berurusan.

Pola PAK DEWA ini, ulas Misan dilakukan menjabarkan instruksi Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam hal pelayanan adminduk masyarakat, dalam kondisi pandemic covid19 saat ini, sehingga berbagai langkah harus dilakukan, termasuk pelayanan memanfaatkan media daring.
Dan Disdukcapil Agam, jelas Misran, melalui sistim layanan dengan media komunikasi Whatshap (WA) yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Dengan sistim layananan dan informasi, masyarakat bisa memasukan data dan kebutuhan pelayanan adminduk yang diperlukan, serta persyaratan  yang harus dipenuhi, “ seluruhnya gratis dan masyarakat bisa menunggu di rumah saja, petugas nagari akan menginformasikan pada masyarkat,” sebut Misran.

PAK DEWA, sebut Misran lagi, menjadi salah satu solusi untuk mengantispasi penyebaran pandemic covid19 di kabupaten Agam, “ kita sudah terapkan, dan masyarakat bisa memanfaatkan media itu untuk memberi kemudahan dalam berurusan, masyarakat dari rumah bisa langsung dilayani, silahkan simpan nomor PAK DEWA, seluruh kebutuhan adminduk masyarakat bisa langsung dilayani,“ ulasnya lagi.

HARMEN

No comments:

Post a Comment