Tuesday, March 31, 2020

Agam Siaga Covid19, Polsek Tanjung Raya Bubarkan Aktivitas Pasar Maninjau


Maninjau, kaba12.com --- Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Raya melaksanakan pembubaran aktivitas keramaian masyarakat di Pasar Maninjau, Selasa (31/3).

 Aksi tersebut merupakan salah satu upaya membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Agam khususnya Kecamatan Tanjung Raya.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu. Akhiruddin mengatakan, pembubaran aktivitas keramaian masyarakat itu dilakukan sesuai dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Agam untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Untuk sementara waktu, aktivitas keramaian pasar di Kabupaten Agam dan khususnya di Kecamatan Tanjung Raya dihentikan karena tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Dijelaskan, bahwa para pedagang yang datang dari berbagai daerah ini tidak mengetahui tentang aktivitas pasar ditutup, dan barang dagangannya sudah terlanjur datang tengah malam.

 "Kita lihat pagi-pagi aktivitas pasar sudah ramai, oleh karena itu kita langsung ambil sikap persuasif dan kita minta para pedagang yang berjualan untuk mengemaskan barang dagangannya dan kembali pulang," ujar Wakapolsek Tanjung Raya kepada kaba12.com.

Pihaknya juga melakukan mensosialisasikan bahwa keramaian pasar ini merupakan salah satu tempat yang sangat rentan terhadap penyebaran virus Corona.

"Alhamdulillah, masyarakat sangat paham dengan sosialisasi kami tadi. Dan pedagang maupun pembeli kembali pulang. Tepat pukul 09.00 pagi aktifitas pasar sudah bisa kita sterilkan dari pedagang dan pembeli," tambahnya.

Usai dilakukan pembubaran, selanjutnya pemerintah Nagari Maninjau melakukan penyemprotan disinfektan di areal pasar agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai virus dan bakteri. "Kita ingin pasar ini selalu steril, bersih dan terhindar dari berbagai virus yang berbaya," ucap Iptu. Akhiruddin.

Kemudian, ia selalu menghimbau masyarakat untuk bersama-sama melawan virus Corona dengan cara mengikuti petunjuk dari pemerintah.

 "Untuk saat ini hindari tempat keramaian, tetap dirumah (stay at home), jaga diri, terapkan hidup bersih, lakukan pola physical distancing dan social distancing. Itu semua kita lakukan untuk diri sendiri dan masyarakat banyak agar tidak terpapar dari virus Corona. Dan membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona," tegasnya.

(Bryan)

No comments:

Post a Comment