Monday, March 30, 2020

Agam Siaga Covid19, Bupati Instruksikan Walijorong Data Pendatang 


Lubukbasung, kaba12.com --- Menindaklanjuti keputusan pembatasan selektif wilayah Sumatera Barat yang diberlakukan besok, bupati Agam Dr.Indracatri, instruksi seluruh walinagari dan wali jorong untuk melakikan pendataan dan pengawasan terhadap para pendatang dan perantau yang baru pulang kampung.

Para pendatang dan perantau yang masuk ke wilayah masing-masing diharapkan untuk mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing dan melakukan pengecekan kesehatan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat jika ada gangguan kesehatan.

Hal itu disebutkan Rahman, Asisten I Sekab.Agam yang juga koordinasi bidang komunikasi dan pencegahan gugus tugas percepatan penanganan covid19 (GTP2 Covid19) kabupaten Agam menjawab kaba12.com terkait dengan lonjakan angka ODP termasuk operasi pengawasan tapal batas sebagai rangkaian dari upaya antisipasi penanganan penyebaran covid19 .

Disebutkan Rahman, sesuai dengan kebijakan pembatasan selektif masuknya pendatang dan ke Sumbar yang diberlakukan Selasa besok, Bupati Agam juga menginstruksikan seluruh unsur terkait di seluruh wilayah kabupaten Agam memaksimalkan pengawasan bagi para pendatang dan perantau yang baru pulang kampung.

Pendataan itu penting dilakukan, sebagai upaya pengawasan secara medis, yang sasarannya jelas untuk memutus potensi mata rantai penyebaran covid19 di kabupaten Agam.

 “ Pengawasan dan pendataan perantau atau warga yang baru datang ke wilayah kabupaten Agam beberapa hari terakhir makin gencar dilakukan, bahkan untuk pemeriksaan medis, ada beberapa perantau dan pendatang yang dibawa ke posko GTP2 Covid19 Agam untuk pemeriksaan kondisi tubuh, bahkan pekerja asal Banjar Negara, Jawa Tengah terpaksa dipulangkan ke kampungnya kembali karena berbagai pertimbangan, “ jelas Rahman.

Ditegaskan, GTP2 Covid19 Agam, akan semakin memaksimalkan berbagai upaya antisipasi, yang melibatkan seluruh unsur masyarakat, tidak hanya dalam melakukan aksi-aksi antisipasi penyebaran virus corona itu, tapi juga melakukan pengawasan terhadap pendatang dan perantau yang baru pulang kampung, “ kita akan terus dorong, agar aktivitas pengawasan di lapangan di seluruh jorong dan nagari bisa lebih maksimal, “ tegas Rahman lagi.

HARMEN

No comments:

Post a Comment