Tuesday, March 31, 2020

Bupati Agam Pantau Kondisi Warga, “ Siaga Covid19 Taati Instruksi Pemerintah”


Ampek Angkek, kaba12.com --- Bupati Agam Dr.H.Indra Catri pantau kondisi masyarakat di berbagai nagari di beberapa kecamatan di wilayah Timur kabupaten Agam, dalam upaya percepatan penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam, Rabu,(1/4).

Bupati Agam didampingi Asisten II Sekab.Agam Yosefriawan, Kepala DMPN Agam Teddy Martha, Kadinsos Agam Rahmi Artati, Kadistan Agam Arief Restu dan beberapa pejabat Pemkab.Agam lainnya, memantau kondisi lapangan, termasuk gerakan yang sudah dilakukan masyarakat terkait dengan langkah-langkah antispasi yang dilakukan dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona tersebut.

Bupati Indra Catri mengunjungi beberapa nagari seperti Padang Lua, Taluak IV Suku di Banuhampu, Ampang Gadang di Ampek Angkek, Sungai Pua dan beberapa kecamatan lain, sambil mensosialisasikan langlah-langkah antisipasi yang harus dilakukan dalam menganisipasi penyebaran pandemic covid19 di seluruh wilayah kabupaten Agam.

Bupati Agam Indra Catri menegaskan, masyarakat diharapkan bisa berperan optimal dalam menghambat penyebaran pandemic covid19 tersebut, berbagai langkah sudah dilakukan pemerintah, masyarakat diminta berperan dan mentaati seluruh instruksi yang disampaikan, untuk keselamatan seluruh masyarakat.

Indra Catri menegaskan, masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah, terapkan pila social distancing, kalau terpaksa keluar rumah, terapkan pola physical distancing, jaga jarak aman, selalu menjaag kebersihan lingkungan, rumah, sarana ibadah, pasar dan sarana lain dengan menyemprotkan disinfektan untuk membunuh virus corona itu.

Ditambahkan, pihaknya juga menghimbau masyarakat  khususnya perantau untuk menahan diri untuk menunda rencana pulang kampung, serta mengurangi aktivitas keluar rumah, “ ini penting untuk sama-sama menjaga, mengawasi dan mengantisipasi masuknya pandemic covid19 ke kabupaten Agam, karena peran dan dukungan masyarakat sangat menentukan, “ tegasnya.

Bupati Indra Catri meminta masyarakat untuk memahami langkah-langkah yang diambil pemerintah, baik dengan meminta masyarakat untuk tidak menggelar shalat Jumat dan shalat berjamaaah di masjid, membawa sajadah sendiri ke masjid, “ dan itu dipatuhi masyarakat, bahkan seluruh masjid sudah dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan, “ ulasnya.

Termasuk pasar-pasar, ulas Indra Catri, pihaknya mengintruksikan menutup aktivitas pasar untuk mengurangi masyarakat berkerumuman di pasar, karena potensi penyebaran virus itu tinggi.
“ Hal itu mestinya disadari masyarakat, karena pasar sebagai sentral keramaian, menjadi salah satu media potensi penyebaran covid19, “ ulas Indra Catri lagi.

Diharapkan bupati, seluruh elemen masyarakat berperan aktif, jaga lingkungan, amankan kampung dari potensi penyebaran covid19, peran masyarakat sangat menentukan, “ bersama kita antisipasi penyebaran covid19 di kabupaten Agam, “ tegas Bupati Agam itu lagi.

Survey langsung bupati Agam ke berbagai nagari dan kecamatan di Kabupaten Agam sepanjang Rabu ini, juga untuk mendistribusikan bantuan bahan pokok untuk masyarakat di berbagai nagari, termasuk peninjauan usaha konveksi (UMKM) yang saat ini, fokus membuat masker dan APD untuk kebutuhan antisipasi penyebaran covid19 di berbagai kecamatan di Kabupaten Agam.

HARMEN

No comments:

Post a Comment