Monday, March 30, 2020

Cegah Penyebaran COVID-19, Pasar Maninjau Ditutup


Maninjau, kaba12.com --- Upaya pemerintah Kabupaten Agam untuk mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) terus digencarkan. Hal ini terbukti dengan penutupan pasar yang dilakukan pemerintah. Salah satunya Pasar Maninjau yang ditutup guna mengurangi aktivitas keramaian ditengah masyarakat. 

Menurut Camat Tanjung Raya Handria Asmi menyebutkan, penutupan pasar ini dilakukan  guna menjalankan instruksi dari Bupati Agam dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona yang saat ini dilakukan oleh pemerintah.

"Berdasarkan hasil rapat tadi malam, hari ini aktivitas keramaian Pasar Maninjau kita tutup untuk sementara waktu. Dan penutupan ini tidak di kecamatan Tanjung Raya saja, namun seluruh pasar di Kabupaten Agam juga ditutup," kata Handria Asmi kepada kaba12.com saat memimpin penutupan pasar Maninjau, Selasa (31/3).

Dijelaskan, bahwa tadi pagi para pedagang datang dari berbagai daerah untuk berjualan, namun pihaknya memberikan kesempatan kepada pedagang untuk melakukan jual beli hingga pukul 09.00 WIB

"Alhamdulillah tepat pukul 09.00 WIB aktivitas pasar telah berhenti dan masyarakat sangat persuasif serta menerima atas kebijakan pemerintah," tambahnya.

Namun, ia selalu menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi pandemi virus Corona dan juga melakukan pola physical distancing serta social distancing.

"Tetap dirumah, jaga kesehatan diri dan lingkungan, serta selalu ikuti himbauan pemerintah. Karena himbauan itu merupakan upaya pemerintah untuk menjaga dan mencegah masyarakat dari paparan virus Corona," himbaunya.

Usai aktivitas pasar dihentikan, selanjutnya pihak Nagari Maninjau melakukan penyemprotan cairan disinfektan diseluruh areal pasar untuk membersihkan dan mensterilkan pasar dari berbagai macam virus dan bakteri.

(Bryan)

No comments:

Post a Comment