Sunday, April 5, 2020

Soal Penerima Bantuan Siaga Covid19 Agam, Ini Penjelasan Kadinsos Agam 


Lubukbasung, kaba12.com --- Menyikapi beragam tanggapan yang muncul dari masyarakat terkait dengan data penerima bantuan sembako dalam masa tanggap darurat percepatan penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam, pihak dinas sosial Agam sudah memberikan penjelasan detail terkait dengan mekanisme serta langkah-langkah distribusi yang sudah disiapkan.

Termasuk data warga yang belum terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Agam, ada mekanisme yang harus dilakukan untuk proses penyaluran bantuan selanjutnya, khususnya bagi yang terdampak langsung dalam proses percepatan penanganan penyebaran covid19.

Seperti dijelaskan kepala dinas sosial Agam Rahmi Artati, tindakan cepat yang diinstruksikan bupati Agam untuk menyalurkan bantuan dalam langkah percepatan penanganan penyebaran covid19, tim GTP2 Covid19 Agam menetapkan data bantuan penerima bantuan mempedomani/
mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Agam tahun 2019.

Disebutkan, DTKS tersebut memang belum diperbaharui, sebab jadwal pendataan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Sehingga disadari akan ditemukan masyarakat miskin yang belum masuk / terdaftar dalam DTKS.

Ditambahkan, bagi warga yang tidak termasuk dalam DTKS, tetap bisa mendapatkan bantuan
dengan mekanisme, masyarakat melaporkan dan mendaftar ke nagari setempat, walinagari akan melakukan verifikasi dengan kriteria kehilangan penghasilan/ menerima upah harian/ mempunyai pekerjaan harian satu jenis.

Selain itu, merupakan satu-satunya sumber penghasilan dalam keluarga bukan PNS/TNI /Polri/Karyawan BUMD/BUMN, bukan penerima program sembako, “ selanjutnya  Walinagari akan mengajukan data warganya yang memenuhi kriteria ke Dinas Sosial dan seterusnya Dinas Sosial akan menyalurkan beras bantuan,” jelas Rahmi Artati.

Terkait mekanisme itu, pihaknya sudah menjelaskan pada walijirong, walinagari melalui camat bahkan jika ada masyarakat yang bertanya langsung pada dinas sosial, “ hal itu bisa kita laksanakan dan Inshallah, jika masyarakat segera mendaftarkan diri, bantuan tahap selanjutnya akan segera dikirimkan ke rumah warga, “tegas Kadinas Sosial Agam itu lagi.

HARMEN

No comments:

Post a Comment