Monday, April 6, 2020

Satu Pasien Positif Covid-19 di RSAM Asal Tanah Datar Dinyatakan Sembuh


Bukittinggi, KABA12.com --- Satu orang pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi, dinyatakan sembuh.

Wakil ketua tim penanganan Covid-19 RSAM Bukittinggi, dr. Deddy Herman, membenarkan bahwa pasien berinisial ITD (40) berjenis kelamin perempuan asal Tanah Datar sembuh dari Covid-19. "Pasien itu sebelumnya  memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta" ujarnya.

Pasien itu masuk ruang isolasi RSAM Bukittinggi pada 19 Maret 2020 yang memiliki gejala Covid-19. Dimana hasil swab pertamanya menunjukkan pasien itu positif terpapar Covid-19.

Setelah menjalani perawatan di ruang isolasi RSAM, pihak rumah sakit kembali mengirim swab untuk kedua kalinya dan keluar hasil negatif. Tidak sampai disitu, tim media juga kembali mengirim swab untuk.ketiga kalinya dan kembali menunjukkan hasil negatif, sehingga  pasien tersebut telah diperbolehkan pulang hari ini.

"ITD merupakan pasien pertama yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 yang dirawat di RSAM Bukittinggi. Hasil labor UNAND yang terakhir, keluar tadi (Senin -red) pagi. Jadi setelah pasien diperiksa labor dan menunjukkan hasil negatif dua kali, baru dibolehkan pulang," jelasnya.

Setelah pulang nanti, dr. Deddy Herman menyarankan pasien itu untuk menjalankan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari.

"Untuk pasien yang dinyatakan sembuh ini disarankan untuk beristirahat di rumah dan tidak keluar rumah,"jelasnya.

(Ophik)

No comments:

Post a Comment