Thursday, April 2, 2020

Siaga Covid19-Masyarakat Diminta Pro-Aktif “ Covid19 Adalah Musibah “


Lubukbasung, kaba12.com --- Bupati Agam Dr.H.Indra Catri tidak henti menghimbau masyarakat untuk pro-aktif dan mentaati berbagai himbauan dan instruksi pemerintah sebagai langkah antisipasi bersama terhadap penyebaran covid19 di kabupaten Agam.

Bahkan masyarakat diminta untuk jujur dan terbuka saat ditanyai petugas terkait kondisi medis dan riwayat perjalanan yang suda dilakukan masyarakat, karena virus corona bukanlah hal yang tabu atau aib, tapi merupakan bencana yang melanda dunia (pandemic ) saat ini.

Hal itu dinyatakan bupati Agam melaui Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Khasman Zaini, terkait masih ada warga yang enggan memberi penjelasan pada tim medis.
Disebutkan Khasman Zaini, peran dan keterbukaan masyarakat justru sangat menentukan, apalagi warga yang baru datang dari luar daerah, riwayat perjalanan yang sudah dilakukan, termasuk kondisi kesehatan, mestinya dijelaskan, sehingga jika ada hal-hal yang berpotensi merugikan masyarakat.

"Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat saat ditanya tim medis agar menyampaikan secara benar riwayat perjalanan maupun gejala penyakit yang dirasakan," ujar Khasman.

Menurutnya, dengan kooperatifnya masyarakat menyampaikan riwayat perjalanan dan riwayat kontak, maka akan membantu petugas kesehatan di lapangan, termasuk yang baru tiba di kampung atau pulang untuk  melapor kepada bidan desa, wali jorong atau wali nagari terkait riwayat perjalanan yang dilakukan.

"Jangan malu karena Covid-19 bukan aib, ini musibah yang menyerang dunia atau pandemic,  Dengan jujur, kita ikut membantu memutus mata rantai penyebarannya," ujarnya.

Menurutnya, bagi yang termasuk ODP, sebaiknya cepat diantisipasi dengan mengisolasi diri di rumah selama 14 hari dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan, minum yang bergizi  dan asupan vitamin yang memadai,” bersama kita lawan penyebaran covid19, “tegas Khasman Zaini lagi.

HARMEN

No comments:

Post a Comment