Wednesday, January 31, 2018

Kembangkan Potensi Palembayan, Jemari-Camat Jalin MoU

Palembayan, kaba12.com --- Untuk mengembangkan potensi kecamatan Palembayan yang sudah terkerangka dengan apik dalam konsep strategis “Gelora Palembayan 2018”, pemerintah kecamatan Palembayan mulai mendapat support dari berbagai lembaga di Sumbar.


Seperti halnya Rabu,(31/1) , lembaga Jemari Sakato yang dikenal eksis dalam mendorong pengembangan potensi alam dan masyarakat, sekaligus LSM yang dikenal bergerak dalam penanggulangan kebencanaan di Sumatera Barat, menjalin nota kesepahaman bersama ( MoU ) dengan Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN)  kecamatan Palembayan di kantor camat Palembayan.


MoU yang ditandatangani direktur eksekutif Jemari Sakato Khairul Fahmi bersama camat Palembayan Ade Harlien itu bertujuan untuk mendorong pengembangan dan pengelolaan potensi ekonomi nagari yang ada di kecamatan Palembayan.


Penandatangan MoU antara BKAN dengan Jemari Sakato itu, merupakan tindak lanjut dari rapat koordinasi camat dengan seluruh wali nagari di kecamatan Palembayan terkait dengan pengembangan potensi lokal, produk unggulan nagari, dan tahapan strategis pengembangan potensi wilayah dalam program Gelora Palembayan 2018


Camat Palembayan Ade Harlien usai penandatangan MoU dengan Jemari Sakato, kepada kaba12.com menyebutkan, MoU yang ditandatangani tersebut merupakan tindaklanjut bedah program bersama seluruh wali nagari yang ada di kecamatan Palembayan, bulan Desember 2017, tentang potensi ekonomi masing-masing nagari, yang dijadikan potensi unggulan nagari secara spesifik dan terukur, sehingga menjadi produk unggulan masing-masing nagari.


Pengemasan produk unggulan nagari itu, seiring dengan konsep Gelora Palembayan 2018 yang sudah dipersiapkan pihaknya dalam memacu program strategis yang dicanangkan bupati Agam.


Hasil rapat koordinasi itu, justru mendapat respon positif dari LSM Jemari Sakato Sumbar yang siap membantu pengembangan potensi wilayah Palembayan, mulai dari bedah potensi, konsep pengembangan, pembinaan dan penguatan produk-pasar, “ ini hal spesifik yang kami rancang untuk mendorong sukses program Gelora Palembayan 2018, “sebut Ade Harlien.


Dan ternyata, hasil koordinasi dengan Jemari Sakato direspon seluruh wali nagari yang tergabung dalam BKAN Palembayan yang berlanjut dengan konsep kerjasama pengembangan potensi ekonomi nagari, dengan tahapan dan sistim yang disepakati bersama, “ Alhamdulillah, MoU sudah ditandatangani antara direktur eksekutif Jemari Sakato- Ketua BKAN Palembayan Iron Maria Edi, “ ulas Ade Harlien.


Percepatan program pengembangan potensi seluruh nagari di kecamatan Palembayan yang sudah dibagi dengan produk unggulan masing-masing merupakan agenda khusus yang dibahas sejak Desember 2017 lalu, dan tahun ini akan direaliasasikan dengan dukungan berbagai lembaga, terutama Dinas Pertanian Agam, termasuk dari LSM Jemari Sakato.


(Virgo)

No comments:

Post a Comment