Monday, January 29, 2018

Dedi Fatria Terpilih Aklamasi Jadi Ketua Soina

Bukittinggi, KABA12.com --- Dedi Fatria, Anggota DPRD Kota Bukittinggi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus cabang Spesial Olimpics Indonesia (Soina) kota Bukittinggi periode 2018-2022. Pemilihan dilaksanakan dalam musyawarah cabang (Muscab) Soina Bukittinggi, Jumat 26 Januari 2017 lalu.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disparpora Bukittinggi, Tasman mengatakan, dengan telah dilantiknya pengurus daerah Soina Provinsi Sumbar oleh pengurus Soina Pusat, maka Soina Sumbar melayangkan surat kepada Disparpora kabupaten/kota untuk dapat membentuk pengurus cabang Soina dimasing masing daerah. Untuk itu, Pemko Bukittinggi melalui Disparpora menindaklanjutinya dengan melaksanakan Muscab Soina, karena sejak beberapa tahun lalu, kepengurusan Soina Bukittinggi vakum.

“Sebelumnya kepengurusan Soina Bukittinggi sempat Vakum. Berhubung dengan adanya surat dari Soina Sumbar supaya dapat memfasilitasi pembentukan Pengurus Soina, maka kita laksanakan Muscab Soina Bukittinggi. Alhamdulilah dari hasil Muscab yang telah dilaksanakan, Dedi Fatria terpilih sebagai ketua Soina,” jelasnya.

Menurut Tasman, dalam Muscab yang telah dilaksanakan itu telah menghasilkan ketua terpilih, sedangkan untuk susunan kepengurusan lainnya akan disusul dalam waktu dekat. Dengan terbentuknya kepengurusan Soina Bukittinggi, diharapkan kedepan Soina Kota Bukittinggi dapat bangkit sekaligus dapat memperhatikan penyandang disabilitas untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Disamping itu, pemerintah daerah juga akan berupaya memfasilitasi kegiatan Soina Bukittinggi dalam menggali potensi yang dimiliki oleh penyandang disabilitas. Sebab, tahun lalu atlit disabilitas tuna grahita Bukittinggi berhasil menyumbangkan medali perak pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas).

“Soina merupakan organisasi yang memberdayakan anak-anak Tuna Grahita melalui pelatihan dan kompetensi olahraga. Kita berharap Soina Bukittinggi bias memberikan prestasi yang terbaiki dalam berbagai kegiatan dan event,” harap Tasman.

Sementara, Dedi Fatria menyampaikan, Soina adalah organisasi di Indonesia yang mendapat akreditasi dari Special Olympic International (SOI) untuk menyelenggarakan pelatihan dan kompetensi olah raga bagi warga Tunagrahita di Indonesia.

“Dengan terbentuknya kepengurusan Soina Kota Bukittinggi, kita berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk dapat memberikan perhatian kepada Soina Bukittinggi, dalam menjalankan dan mengembangkan program-program olahraga Disabilitas di Bukittinggi,” harap Dedi.

(Ophik)

No comments:

Post a Comment