Tuesday, January 30, 2018

Api Hanguskan 1 Hektar Lahan Warga Palupuah Siaga Karhutla

Palupuah, kaba12.com --- Kebakaran lahan perkebunan kembali gemparkan warga kabupaten Agam. Kali ini kebakaran lahan terjadi di Bukik jorong Angge Palimbatan, nagari Pasia LAweh, kecamatan Palupuah, Selasa,(30/1) sore. Lahan seluas 1 hektar, terbakar sejak pukul 15.00 WIB, dan baru bisa dijinakkan sekitar pukul 19.10 WIB.

Informasi yang diperoleh dari Harry, kontributor kaba12.com di Palupuah, kebakaran lahan perkebunan milik warga itu, terjadi Selasa siang, diduga akibat cuaca panas terik yang melepuhkan dedaunan kering dan langsung terbakar.

Mendapatkan laporan kebakaran, Kanit.Intel Polsek Palupuah Aipda Hendi, anggota unit Satpol PP Palupuah bersama 2 pemuda setempat masing-masing Fajar dan Hengki, langsung melakukan pemadaman api dengan mengilosasi kebakaran di keliling lahan yang terbakar.

Upaya pemadaman manual, sebut Harry, secara maksimal dilakukan pihaknya menggunakan berbagai jenis bantuan, termasuk goni basah dan siraman air, termasuk dengan memukul lokasi api yang menjalar, sehingga api yang semula merembet bisa segera diantisipasi.

“ Api yang merambat, berhasil dipadamkan, sehingga tidak terlanjur menjalar ke lokasi lain, “ sebutnya.

Bahkan, pihaknya berupaya mengantisipasi menjalarnya api ke kawasan pemukiman penduduk di Lakuak jorong Angge, Palimbatan, Palupuah, “ empat tim dipimpin kanit intel Polsek Palupuah berhasil mengantisipasi menjalarnya api, sehingga api berhasil dipadamkan di lahan yang terbakar itu.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, musibah kebakaran lahan kini menjadi kasus kebakaran serius yang kini ditakuti warga, pasalnya dampak cuaca panas, disertai angina kencang, sangat mudah memicu kebakaran. Termasuk kebakaran hutan yang terjadi di nagari Pandai Sikek, Tanah Datar, persis di kaki gunung Singgalang Selasa siang tadi, yang kini malam ini masih menjalar karena lokasi kebakaran masih belum bisa dijangkau petugas pemadam kebakaran.

(Virgo)

No comments:

Post a Comment