Monday, January 29, 2018

Agam Usulkan 500 Formasi CPNS Pada KemenPAN-RB

Lubukbasung, KABA12.com ---Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kabupaten Agam mengusulkan sebanyak 500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Kepala BKPSDM Agam, Fauzir mengatakan, usulan tersebut telah disampaikan kepada KemenPAN-RB sebagai bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan pegawai, yang saat ini masih terdapat kekurangan tenaga teknis di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tenaga pendidik di sejumlah sekolah serta tenaga kesehatan dan posisi lainnya.

“Sekarang kita baru mengirimkan usulan ke KemenPAN-RB, kurang lebih sekutar 500 formasi. Namun berapa jatah yang diberikan kepada kita belum diketahui," ujar Fauzir saat diwawancarai KABA12.com.

Ia menyebut, pihaknya telah melakukan analisa jabatan (Anjab) sebagai salah satu syarat untuk pengusulan formasi CPNS. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui Agam membutuhkan tenaga pendidik, kesehatan, tenaga teknis dan posisi lainnya.

Namun hal itu dikatakannya, juga harus sesuai dengan dana anggaran dan kemampuan keuangan daerah.

"Dari anjab kita sudah lihat posisi mana yang kita butuhkan, angkanya kira-kira 500 lebih kurang. Sangat jelas yang kita butuhkan itu guru, tenaga teknis dan kesehatan. Kita tidak bisa pastikan akan buka berapa formasi, tunggu putusan dari KemenPAN-RB karena hal itu juga disesuaikan dengan dana dan pembiayaan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) daerah secara nasional akan dibuka tahun 2018. Penerimaan CPNS, kata dia, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

(Jaswit)

No comments:

Post a Comment