Tuesday, January 30, 2018

Bupati Agam Realisasikan Janji Bangun Gedung OPD Megah di Lubukbasung

Pariwara, kaba12.com --- Bupati Agam H.Indra Catri realisasikan janjinya “menyulap” pusat pemerintahan kabupaten Agam menjadi sosok kota maju dan berkembang. Saat ini, sosok kota Lubukbasung sudah jauh lebih molek dibanding beberapa tahun terakhir.


Saat ini, sosok kota Lubukbasung sudah dihiasi gedung-gedung megah berarsitektur modern sebanding dengan daerah-daerah lain yang sudah lebih maju. Bahkan, deretan gedung perkantoran baru akan semakin menambah cerah sosok Lubukbasung yang semakin maju dan berkembang.


Dan dijadualkan Rabu, (31/1) pagi ini, bupati Agam H.Indra Catri akan meresmikan secara simbolis, 6 gedung baru secara serentak di kompleks gedung Dinas Pertanian Agam dan Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan Agam di kawasan GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubukbasung.


Prosesi peresmian yang digelar sederhana, menghadirkan seluruh aparatur sipil nasional (ASN) Pemkab Agam ditandai dengan penandatangan prasasti 6 gedung baru, masing-masing gedung Dinas Kesehatan Agam, Dinas Pertanian Agam, Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan, kantor camat Lubukbasung, kantor camat Tanjung Raya dan kantor camat Palupuah, sekaligus syukuran bersama.


Bupati Agam H.Indracatri yang berencana membangun seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) dengan gedung baru nan megah 2 lantai, sesuai kondisi daerah, berarsitektur modern, yang direncanakan akan dibangun 3 gedung baru dalam 1 tahun anggaran bersama 3 kantor baru kecamatan.



Pembangunan 6 gedung baru ( 3 kantor OPD dan 3 kantor camat) memanfaatkan dana APBD Agam itu sudah berlangsung selama 3 tahun anggaran dan tahun anggaran 2018 ini, program itu berlanjut dengan serangkaian pembangunan gedung lainnya.


Yang sudah dirampungkan pembangunannya, terutama pembenahan-pembangunan gedung kantor bupati Agam, pembangunan gedung baru inspektorat daerah-gedung Bappeda, gedung Pemadam Kebakaran-Satpol PP, gedung DPUK Agam, gedung Dinas Pendidikan-Kebudayaan, berlanjut dengan pembangunan gedung Dinas Kesehatan, gedung Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan Agam.


Sementara untuk kantor camat, mayoritas sudah hampir rampung masing-masing kantor camat Tanjung Mutiara, kantor camat Baso, kantor camat Ampek Nagari, kantor camat Palembayan, kantor camat Lubukbasung, kantor camat Tanjung Raya dan kantor camat Palupuah.
Sedang untuk tahun ini, akan dibangun gedung Pembedayaan Perempuan-KB, gedung RSUD Lubukbasung, gedung Dinas Lingkungan Hidup, kantor camat Banuhampu, kantor camat Sungai Pua dan kantor camat Tilatang Kamang.


“ Diproyeksikan, seluruh sarana perkantoran OPD di jajaran Pemkab Agam akan rampung seluruhnya tahun 2020, sehingga upaya memberikan pelayanan optimal pada masyarakat bisa terwujud, “ sebut Indracatri.- (***)



Distan Agam “ Gedung Petani ”
Sentral Agam Menyemai


Keberadaan gedung-gedung megah berlantai dua berarsitektur modern memberi warna lebih bagi sosok kota Lubukbasung, pusat pemerintahan kabupaten Agam yang semakin bersolek.


Salah satu gedung yang mengundang daya tarik dalam prosesi peresmian Rabu,(31/1) hari ini, adalah Dinas Pertanian Agam yang berdampingan dengan gedung Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan dan gedung DPUK Agam.


Yang menarik, bangunan dua lantai itu, justru “didominasi” para petani dalam prosesi peresmiannya. Dibuktikan, sepanjang proses persiapan dan rangkaian kegiatan, dilakukan para anggota kelompok tani dan pengurus organisasi petani dari berbagai nagari dan kecamatan, yang hingga larut malam melakukan persiapan khusus.
Menarik, kesibukan yang tinggi justru terjadi di gedung Distan Agam, bahkan proses peresmiannya betul-betul bak “baralek gadang”, tak hanya kehadiran ratusan petani dan undangan yang penuh sesak di gedung baru itu, juga kehadiran warga panti asuhan putra dan putri dari Lubukbasung yang diundang khusus, menjadi warna tersendiri bagi gezah acara.


Apalagi, “menyemutnya” karangan bunga ucapan selamat dari berbagai kelompok tani, baik kecamatan, nagari dan kelompok usaha pertanian yang selama ini menjalin kerjasama dengan jajaran Dinas Pertanian Agam.
Bahkan, tercatat hampir 400 buah karangan bunga yang terpajang memenuhi ruas jalan sepanjang kompleks GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubukbasung. Mulai dari pintu masuk kompleks GOR sebelah Barat sampai ke pintu Timur, bahkan di sekeliling gedung baru dipajang karangan bunga,” ini betul-betul baralek gadang nih,”ungkap bupati Agam H.Indracatri yang sengaja meninjau persiapan acara di gedung Distan Agam didampingi Kadistan Agam Ir.Afdal, Selasa tadi malam.


Bupati mengaku salut atas peran aktif para petani dan pengurus kelompok tani yang pro-aktif berperan sebagai panitia menyiapkan berbagai perangkat pendukung untuk prosesi peresmian termasuk jejeran ratusan karangan bunga yang membuatnya bangga.


Khusus di Distan Agam, prosesi acara khusus digelar setelah acara resmi, digelar agak spesifik, dimana bupati dijadualkan mengikuti shalat berjamaah di ruang pertemuan Distan Agam bersama ratusan warga panti asuhan putra-putri bersama para petani dan pejabat daerah lain.


Usai shalat zuhur berjamaah, bupati akan memberi tausyiah khusus dan makan bersama dengan warga panti dan petani, sebagai wujud kebersamaan, silaturrahmi dan rasa syukur bersama,” ada peternak kambing di Agam yang berpartisipasi dengan memotong kambing, membuat dapur khusus, untuk menu khusus makan siang bersama bupati, “ ulas Arief Restu, sekretaris Distan Agam.


Arief Restu menyebut, dukungan petani dan para pengurus kelompok tani itu, membuatnya surprise, pasalnya dukungan membantu persiapan, pemberian karangan bunga ucapan selamat serta kehadiran ratusan petani dari seluruh wilayah Agam, spontan diapungkan, “ kami sempat kewalahan, kalau ditampung seluruh ide mereka, kewalahan kita, “sebutnya dengan wajah cerah.


Disebutkan Arief Restu, moment kebersamaan yang diharapkan terbangun dengan prosesi peresmian gedung baru Distan Agam itu, bisa menjadi kekuatan awal dalam merealisasikan sukses program pertanian di kabupaten Agam, termasuk wujud nyata program Agam Menyemai yang dikumandangkan sejak lama.
Bahkan diyakinkan, gedung baru Distan Agam itu, diproyeksikan menjadi “gedung petani” sentral kegiatan Agam Menyemai yang diharapkan bisa memberi hasil maksimal untuk target surplus komoditi pangan di kabupaten Agam.-( *** )



Gedung Perikanan-Ketahanan Pangan
Bersolek Untuk Pelayanan


Gedung baru Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan kabupaten Agam yang bersebelahan dengan gedung dinas pertanian Agam, bersolek untuk memaksimalkan pelayanan pada kalangan nelayan dan proyeksi merealisasikan kedaulatan dan ketahanan pangan kabupaten Agam.
Jajaran Dinas Perikanan-Ketahanan Pangan dibawah pimpinan Ir.Ermanto itu, sengaja mempersiapkan berbagai sarana gedung yang maksimal, sehingga dalam melayani masyarakat pun, para personil dan ASN bisa lebih baik dan optimal.


Ermanto, yang juga ketua panitia peresmian 6 gedung baru Pemkab Agam tersebut, juga sudah mempersiapkan acara dengan optimal, dengan pemasangan tenda khusus dan sajian hiburan bersama tim yang dibentuk sebelumnya.


Gedung Perikanan-Ketahanan Pangan Agam yang berada di sentral aktivitas masyarakat Lubukbasung di kompleks GOR Rang Agam itu, menjadi salah satu gedung sentral yang kini jadi pusat perhatian.-(***)



Gedung Baru, Wujud Optimalisasi Pelayanan


Keberadaan gedung baru Pemkab Agam yang diproyeksikan untuk OPD di jajaran pemerintahan tersebut, menjadi salah satu wujud realisasi wujud program pemerintah dalam mendorong optimalisasi pelayanan terhadap masyarakat.


Pasalnya, serangkaian agenda besar daerah yang mengarah pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat , akan bisa terwujud optimal dengan dukungan sarana-prasarana yang memadai, sehingga fokus kegiatan pemerintah bisa terwujud.


Prosesi peresmian 6 gedung baru itu sendiri, diyakini sebagai bagian dari wujud kebersamaan dan silaturrahmi yang secara maksimal dibangun Pemkab Agam selama ini, dibuktikan dengan kegiatan yang digelar sederhana, memadukan ragam kegiatan serta partisipasi semua unsur dalam OPD terkait.


Kabag Humas Sekab Agam, Hilton, SH, MM , menyebut sesuai arahan bupati Agam, panitia sudah mempersiapkan agenda acara yang dikonsep khusus memadukan kebersamaan semua unsur ASN bersama masyarakat yang menjadi mitra kerja OPD bersangkutan.


Rangkaian acara yang sudah disiapkan secara khusus, menjadi salah satu moment penting untuk merealisasikan program pembangunan yang dirancang Pemkab Agam secara bertahap, “ ini realisasi program jangka mengengah yang sudah dilakukan sejak 3 tahun terakhir, “ sebutnya.


Komitmen bupati Agam merealisasikan pembangunan sarana gedung perkantoran yang memadai, diyakini menjadi salah satu target penting, yang hanya mendorong kemajuan sarana prasarana pelayanan untuk masyarakat kabupaten Agam, tapi juga realisasi program penataan pembangunan pusat pemerintahan kabupaten Agam di Lubukbasung.


“ Ini optimis dengan diresmikannya pembangunan 6 gedung baru di kabupaten Agam itu, menjadi salah satu moment penting untuk memacu kemajuan daerah, dan ini adalah realisasi dari rangkaian rencana pembangunan yang sudah disusun pemerintah, “ sebut Hilton lagi.-(***)



Gedung Dinkes AgamTermegah, Beri Warna Baru Lubukbasung


Diantara beberapa gedung baru Pemkab Agam tersebut, yang paling menyolok dan megah adalah gedung Dinas Kesehatan Agam yang berada di posisi strategis, depan RSUD Lubukbasung dan dekat sentral kegiatan masyarakat di Pasar Inpres Padang Baru, Lubukbasung.
Disain gedung Dinkes Agam yang menarik, dan mewah mengundang pujian berbagai elemen masyarakat, bahkan diharapkan, di sekitar kawasan itu juga dibangun gedung dengan disain serupa, sehingga menambah “cerah” wajah Lubukbasung.


Seperti disebutkan Rino Syamna Putra, ketua GAPPIS Lubukbasung yang mengungkap rasa bangganya atas kemajuan pembangunan di kota Lubukbasung tersebut, “ kini mulai dirasakan masyarakat, kemajuan daerah dengan kelengkapan sarana yang dibutuhkan sudah dijawab pemerintah, kami berharap, berbagai sarana lain juga dilengkapi, sehingga terlihat kemajuan Lubukbasung sebagai pusat pemerintahan, sebagai warga kami bangga, “ sebutnya.


Kehadiran gedung-gedung baru di Lubukbasung juga mengundang perhatian tokoh-tokoh perantau Lubukbasung yang berharap, kedepan berbagai sarana yang dibutuhkan untuk pelayanan masyarakat bisa dibangun lebih lengkap, diiringi mutu pelayanan, karena hal itu menjadi kunci kemajuan daerah.


“ Kehadiran sosok gedung Dinkes Agam yang berdiri di lokasi strategis, memberi aura baru bagi kemajuan kota Lubukbasung, kami apresiasi Pemkab Agam yang memprogramkan pembangunan gedung-gedung baru itu, “ sebut Musmulyadi, ketua komunitas alumni Bintang Saiyo 92.- (***)



Apresiasi Anggota Dewan
Gedung Baru, Kerja Maksimal


Anggota DPRD Agam apresiasi keberadaan gedung baru pemerintah yang akan diresmikan Rabu,(31/1) di pusat pemerintahan Pemkab Agam di Lubukbasung. Diharapkan, keberadaan gedung-gedung baru itu bisa semakin memaksimalkan berbagai program dan kegiatan yang dirancang untuk kepentingan masyarakat kabupaten Agam.


Bahkan diharapkan, dengan gedung baru berbagai OPD termasuk kantor camat itu , bisa lebih mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat karena sarana-prasarana yang dibangun pemerintah, sepenuhnya untuk melayani dan memaksimalkan perhatian untuk masyarakat.


Arman J.Piliang, ketua fraksi golkar DPRD Agam menanggapi peresmian gedung baru Pemkab Agam Rabu,(31/1). Enam gedung baru yang diresmikan masing-masing gedung Dinas Pertanian, Dinas Perikanan-Tanaman Pangan, Dinas Kesehatan, kantor camat Lubukbasung, Palupuah dan kantor camat Tanjung Raya.


Disebutkan Arman J.Piliang, pembangunan berbagai sarana-prasarana pemerintahan, sepenuhnya untuk mendorong maksimalnya berbagai program kerja yang dirancang, termasuk mendorong maksimalnya aktivitas kerja seluruh ASN yang ditugaskan di OPD masing-masing.
Ketua harian DPD Golkar Agam itu, berharap, gedung megah yang baru dibangun itu bisa mendorong semakin eksisnya seluruh OPD, yang semuanya bersentuhan dengan hajat hidup masyarakat luas, baik dinas pertanian, dinas kesehatan dan dinas perikanan, sehingga optimalisasi kerja ASN, secara otomatis akan berimbas pada realisasi kegiatan di lapangan, “ muaranya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.


Disisi lain, Arman J.Piliang yang menyebut, keberadaan gedung-gedung baru yang kini berdiri megah di Lubukbasung itu, akan semakin menambah sosok kemajuan pusat pemerintahan kabupaten Agam itu, sesuai program yang dicanangkan bupati, untuk membangun seluruh kantor baru untuk OPD termasuk kantor camat itu, menjadi salah satu wujud kemajuan kabupaten Agam yang sesungguhnya, diiringi realisasi pembangunan kesejahteraan masyarakat.-(***)



Pagi Ini Bupati Agam Ukir Prasasti Bersejarah


Pagi ini Rabu (31/01) pukul 09.30 WIB, Bupati Agam akan meresmikan 12 banguan pelayanan baru yang telah dibangun sejak tahun 2016 lalu di komplek perkantoran GOR Rang Agam Padangbaru Lubukbasung.


Kedua belas bangunan itu yakni, kantor Dinkes, bangunan gedung rawat inap RSUD, puskesmas Matur, puskesmas Biaro, puskesmas Baso, kantor Disdikbud, blok kantor DPKP dan Dinas Pertanian, kantor camat Lubukbasung, kantor camat Tanjung Raya, kantor camat Palupuh dan bangunan los pasar Matur.


"Ini hasil tabungan kita, kita sudah bangun jalan, infrastruktur pertanian, irigasi, perluasan dan perbaikan jalan, produktifitas kita naik, ekonomi kita naik. Karena uang kita ada sedikit makanya setiap tahun kita sisihkan anggaran. Kantor kita kan sudah lama, sudah kuno semua, makanya kita mulai bangun puskesmas, kantor dan bangunan pelayanan lainnya," ujar Indra Catri pada KABA12.com jelang peresmian.


Menurutnya, pembangunan gedung-gedung tersebut bertujuan untuk menciptakan aparatur yang bersih dan berwibawa, serta memberikan kenyaman bagi ASN yang bekerja dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan, "bagaimana kita menciptakan aparatur yang bersih, berwibawa kalau kantornya tidak bersih dan apalagi kantor pemerintahan sekarang dituntut untuk menggunakan peralatan yang serba canggih dan representatif," sebutnya.


Bupati yang sudah 2 kali periode di kabupaten Agam itu targetkan, hingga akhir jabatannya kelak seluruh kantor camat yang representatif sudah selesai dibangun, "setiap tahun kita bangun kantor camat 2 atau 3, jadi saya harap hingga akhir kepemimpinan saya seluruh kecamatan sudah punya kantor baru," katanya.


Indra Catri menambahkan, untuk di tahun 2018 nanti direncanakan akan dibangun 6 kantor pemerintahan dengan dana Rp 13 miliar. Enam kantor yang akan dibangun dan direnovasi itu yakni kantor camat Tilatang Kamang dengan dana Rp 2,4 miliar, kantor camat Kamang Magek senilai Rp 2,4 miliar dan kantor camat Banuhampu yang juga senilai Rp 2,4 miliar. Kemudian kantor Keluarga Berencana (KB) senilai Rp 3,4 miliar, gedung serba guna Kecamatan Malalak Rp 400 juta, dan renovasi kantor camat Sungaipua senilai Rp 500 juta.


"Kita akan terus upayakan yang terbaik untuk memberikan pelayanan dan kenyaman yang terbaik bagi masyarakat dan ASN," jelasnya. (*)


Laporan : HARMEN

No comments:

Post a Comment