Wednesday, November 21, 2018

Bukittinggi Workshop Penyelenggaraan Kota Sehat Menuju Wistara

Bukittinggi, KABA12.com --- Pemerintah kota Bukittinggi, mengadakan workshop penyelenggaraan kota sehat, Bukittinggi Menuju Swastisaba Wistara 2019. Kegiatan dibuka Wakil Walikota Bukittinggi, di Hall Badan Keuangan Bukittinggi, Rabu (21/11).

Wakil Walikota Bukittinggi, Irwandi, menjelaskan, Swasti Saba atau Kota Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten kota sehat yang terbagi dalam tingkatan Padapa (pemantapan), Wiwerda (pembinaan) dan Wistara (pengembangan). Kota sehat merupakan kondisi kota bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya beberapa tatanan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah.

"Penghargaan Swastisaba Wiwerda yang telah kita raih merupakan perwujudan perilaku hidup sehat dari warga Bukittinggi. Penghargaan tersebut tentunya merupakan pengaruh dari pelaksanaan pola perilaku hidup sehat dan bersih yang selalu mengalami peningkatan di masyarakat Bukittinggi. kedepan Irwandi berharap dapat ditingkatkan menjadi Swastisaba Wistara dimana konsep hidup sehat dan sejahtera telah berkembang dan membudaya di masyarakat," ungkap Irwandi.

Lebih lanjut Wawako mengatakan, ada 9 (Sembilan) tatanan yang menjadi penilaian kota sehat, yakni ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industry dan perkantoran sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan social yang sehat, kawasan pertambangan sehat dan kawasan hutan sehat.

Kota Bukittinggi meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun lalu karena dari Sembilan tatanan tersebut ada 5 tatanan yang terpilih. Karena itu Pemko Bukittinggi mempunyai komitmen untuk mewujudkan tatanan dari kota sehat itu dan agar menjadi perilaku dan budaya warga kota, karena penilaian kota sehat itu fokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisispasi masyarakat yang terorganisir pada forum Kota Sehat. Pada tahun 2019, akan disiapkan enam tatanan menuju Swastisaba Wistara.

Ada dua narasumber dari Dirjen Kesehatan Lingkungan dan Dinas Kesehatan Propinsi yang akan memberikan arahan, trik dan tips-tips kepada stakeholder terkait yang hadir untuk persiapan penilaian Swastisaba Wistara bagi Kota Bukittinggi.

"Penghargaan Kota Sehat itu bukanlah merupakan target akhir, walaupun penghargaan itu kebanggaan dan bukti kita bekerja. Tapi yang paling penting adalah upaya Kota Bukittinggi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ulas Wakil Walikota.

(Ophik)

No comments:

Post a Comment