Tuesday, June 9, 2020

Operasional Pasa Ateh Tunggu Jadwal Mentri PU

Bukittinggi, KABA12.com --- Dalam beberapa hari kedepan, Pasa Ateh akan diresmikan. Kementrian PU pusat telah memberikan sinyal peresmian Pasa Ateh dalam beberapa hari kedepan. Tinggal menunggu jadwal dari Mentri PU untuk meresmikannya.

Demikian ungkap Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, saat memimpin rapat persiapan peresmian Pasa Ateh, Selasa (09/06) di Aula Balaikota Bukittinggi. Rapat juga dihadiri Wakil Wali Kota, Forkopimda, Sekda, Ketua LKAAM, SKPD terkait serta perbankan.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, melanjutkan, peresmian Pasa Ateh yang bersejarah ini akan dilakukan secara daring lewat aplikasi Zoom. Menteri PU akan memberikan sambutan secara virtual dari Jakarta dan dilanjutkan dengan penekanan tombol dari Pasa Ateh Bukittinggi.

Dalam kesempatan itu, Wako juga memaparkan kilas balik perjalanan panjang pembangunan Pasa Ateh setelah terbakar. Karena, sebelum pandemi covid-19, Pasa Ateh sudah siap diserahterimakan dari pusat. Namun karena musibah non alam ini, pemerintah pusat memutuskan untuk menunda serah terima Pasa Ateh.

Kepada peserta rapat Wako menegaskan kembali, dari 800 kios lebih yang disediakan kepada pedagang yang benar-benar untuk berjualan dengan perjanjian sewa menyewa.

 "Jika nantinya kedapatan pedagang yang memegang hak sewa menyewakan kepada orang lain, maka perjanjian sewa menyewa akan dicabut. Termasuk jika kedapatan perjanjian sewa menyewa dijadikan agunan kepada perbankan," tegasnya.

Setelah peresmian dalam minggu ini, dilanjutkan dengan pelaksaan lotting posisi dari pedagang tersebut, sesuai dengan jenis dagangan masing-masing.

Wali Kota menginginkan pedagang kaki lima dapat masuk ke Pasa Ateh sehingga lebih tertata rapi, khusus untuk food court akan diisi oleh makanan tradisonal.

(Ophik)

No comments:

Post a Comment