Thursday, March 1, 2018

IKPM Peduli, Bangun 7 Rumah Layak Huni




Tanah Datar, KABA12.com --- Perantau Ikatan Keluarga Padang Magek (IKPM) se-Nusantara bedah 7 rumah keluarga tidak mampu di Nagari Padang Magek Kecamatan Rambatan untuk layak ditempati.

Mengawali pembangunan secara resmi, dilakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan disalah satu rumah warga sasaran program bedah rumah oleh Asisten 1 Sekda Tanah Datar Drs. Mukhlis didampingi Ketua Umum IKPM Jabodetabek H. Maidasril, Anggota DPRD Tanah Datar dan perangkat nagari lainnya, Kamis (01/03).

Asisten 1 Sekda Tanah Datar Mukhlis mengapresiasi program IKPM tersebut karena turut mensukseskan program Pemerintah Daerah, pugar rumah masyarakat tidak layak huni atau yang dikenal dengan istilah Gapura Mantap.

"Atas nama pemda Tanah Datar ucapan terima kasih dan beri apresiasi yang tinggi kepada perantau IKPM se-Nusantara ini, karena telah peduli dengan kampung halaman dan ini juga turut mensukseskan program Gapura Mantap yang diusung pemerintah," ujarnya.

Mukhlis menyebutkan, pemerintah daerah punya komitmen untuk program bedah rumah dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan di Luhak Nan Tuo ini. Untuk itu ia mengajak seluruh masyarakat, turut bahu membahu dalam pengerjaan bedah rumah ini dengan cara bergotong royong baik moril maupun materil.

"Mari kita gorokan bedah rumah ini, bagi yang tidak sanggup dengan dana, bantu dengan tenaga,” sebut Mukhlis.

Ketua Umum IKPM Jabodetabek H. Maidasril katakan, kegiatan bedah rumah melalui Program yang dinamakan rumah Rutilahi ini (rumah tidak layak huni) merupakan hasil kesepakatan perantau IKPM se-Nusantara untuk meringankan beban masyarakat miskin yang rumahnya tidak layak untuk ditempati.

"Pada tahun ini, IKPM melakukan bedah rumah sebanyak 7 rumah yang berada di tujuh jorong dengan anggaran Rp 15 juta per rumah dengan total Rp 105 juta yang berasal dari IKPM se-Nusantara dan pengusaha yang berada di kampung halaman. Semoga ini akan menjadi program unggulan kita dan Insya Allah berkelanjutan," ucapnya.

Maidasril menambahkan, selain program bedah rumah Rutilahi, IKPM juga memiliki program lainnya seperti, bantuan pemulangan jenazah di perantauan ke kampung halaman dan IKPM Peduli.

Tokoh masyarakat setempat yang juga Anggota DPRD Tanah Datar, Syafril Jamal turut memberikan apresiasi pada IKPM se-Nusantara yang telah memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi terhadap kampung halaman, "semoga progaram ini dapat juga dijadikan contoh oleh perantau nagari lainnya untuk membangun tanah kelahiran," kata putra Padang Magek itu.

Adapun 7 rumah warga yang akan dibedah itu yaitunya, rumah Jonisaman Jorong Guguak Baruah, Nurbaiti Jorong Guguak Gadang, Sida Jorong Guguak Kaciak, Marwan Jorong Gantiang, Surya Sentosa Jorong Bulakan, Dovid jorong Patai dan Juli Jorong Pauh.

"Terimakasih kami ucapkan untuk para perantau yang telah membantu kami mendapatkan tempat tinggal yang layak untuk dihuni. Semoga kedepan para perantau Padang Magek selalu dilimpahkan rezki dan kesehatan, Aamiin," ungkap Nurbaiti salah seorang warga yang rumahnya ikut di bedah.

(Jaswit)

No comments:

Post a Comment