Thursday, March 1, 2018

3.564 Rumah Tidak Layak Huni Di Tanah Datar



Tanah Datar, KABA12.com --- Asisten I Sekda Tanah Datar Drs. Mukhlis menyebut terdapat 3.564 rumah tidak layak huni di Luhak Nan Tuo itu. Kondisi RTLH itu terbagi dalam kategori berat, sedang dan ringan.

Untuk menjadikan ribuan RTLH tersebut menjadi layak huni, pemda Tanah Datar telah membuat Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap) sejak tahun 2017 lalu.

Alhasil, 650 unit rumah layak huni telah terbangun dengan dana yang digelontorkan pemerintah sekitar Rp 8 miliar lebih.

"Pada tahun 2017 lalu melalui program Gapura Mantap ini, kita telah merehab rumah sebanyak 650 buah rumah dengan anggaran lebih kurang Rp. 8 Milyar yang tersebar di 75 nagari dengan sumber pembiayaan APBN, DAK Nagari, Baznas, Perantau dan sumber lainnya," sebut Mukhlis.

Untuk percepatan realisasi rumah layak huni bagi warga kurang mamou tersebut, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat berpartisipasi mewujudkan harapan pemerintah itu.

Mukhlis menambahkan, untuk Gapura Mantap tahun 2018 ini, pemerintah daerah Tanah Datar telah menganggarkan dana melalui APBD untuk membangun 2 rumah layak huni per nagari atau sebanyak 150 rumah.

"Untuk itu dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada kita berusaha dalam kurun 5 tahun ini melalui Program Gapura Mantap ini dapat terealisasi," harapnya.

(Jaswit)

No comments:

Post a Comment